BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 04 Januari 2011

ethical governance

Tindakan dari situasi benturan atau konflik kepentingan antara pegawai dan perusahaan, minimal 4 dari 8 kategori situasi yang ada!

1. Segala hubungan bisnis atas nama perusahaan dengan personal yang masih ada hubungan keluarga (family), atau dengan perusahaan yang dikontrol oleh personal tersebut.

Contoh : Seorang direktur memperkerjakan anaknya dalam perusahaan untuk memperbanyak pendapatan dalam keluarga, karena ada peraturan tertulis yang menyatakan tidak diperbolehkan adanya hubungan keluarga dalam satu perusahaan.

2. Segala penerimaann dari keuntungan, dari seseorang?organisasi?pihak ketiga yang berhubungan dengan perusahaan

Contoh : seorang direktur utama memberikan sejumlah upah untuk seseorang (orang ketiga) yang bekerja di kantor perpajakan supaya pajak perusahaannya dimanipulasi agar mengeluarkan pajak sesedikit mungkin guna menguntungkan perusahaan.

3. Segala penjualan pada /pembelian dari perusahaan yang menguntungkan pribadi.

Contoh : Seorang karyawan mengelola sebuah koperasi, dimana koperasi tersebut memiliki inventaris mobil dinas, Namun karyawan tersebut menyewakan mobil ke orang lain yang menguntungkan pribadi karyawan tersebut.

4. Segala aktivitas yang terkait dengan insider trading atas perusahaan yang telah go public, yang merugikan pihak lain.

Contoh : Sebuah perusahaan go public menjual sahamnya ke pemegang saham lama sebesar 7.000lbr misalnya, namun dilaporkan ke publik menjual saham sebesar 10.000lbr, sehingga merugikan pemegang saham yang lainnya.

5. Segala kepentingan pribadi yang berhubungan dengan kepentingan perusahaan.

Contoh : Seorang pejabat yang tugas ke luar negeri untuk studi banding tetapi malahan jalan-jalan untuk kepentingan pribadinya dan membawa serta keluarga yang lain.

0 komentar: