BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 21 Desember 2010

Golongan Darah Tentukan Pola Asuh Si Kecil

Si “O” yang Energik

Anak bergolongan darah O selalu membutuhkan sarana untuk menyalurkan energi dan emosinya. Karena itulah, amat disarankan bagi orang tua agar mengarahkan mereka dengan benar. Hal lain yang menjadi cira khas anak bergolongan darah ini karakternya sangat adaptif, optimis, perfeksionis, menerima masukan dari orang lain dan mudah diajak bernegosiasi. Mereka juga mau melakukan apa yang diminta kepada mereka, serta memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat. Anak yang bergolongan darah O juga memiliki kreativitas yang tinggi serta tidak menyukai hal-hal yang bersifat monoton, dan memiliki hasrat berprestasi tinggi. Selain itu, mereka juga amat peduli dengan apa yang dikatakan oleh orang disekitarnya. Sehingga tak heran, apa yang dikatakan orang lain bisa berdampak besar pada mereka. Sayangnya mereka amat rentan terserang stress serta senang “bermain-main” dengan resiko. Mungkin itu pula sebabnya, anak-anak bergolongan darah O memiliki kecenderungan hiperaktif, mudah marah, dan mudah mengamuk (temperament).

Si “B” yang Cuek

Anak-anak yang bergolongan darah B cenderung penurut walau kadang juga bisa liar. Selain itu, anak-anak bergolongan darah B adalah pekerja keras, ceria, keras kepala, realistis, dan sedikit cuek serta agak tidak bertanggung jawab. Kalau anak yang bergolongan darah O bisa diajarkan disiplin lewat cara yang demokratis, anak golongan darah B perlu benar-benar diberikan bimbingan. Anak yang bergolongan darah B juga lebih fleksibel namun cenderung tidak peduli pada komentar orang lain di sekitarnya dan sering meredam kemarahan. Karena itulah, anak-anak ini perlu lebih diajarkan mengenai aturan-aturan dan norma-norma yang berlaku di masyarakat. Dalam hal ini kreativitas, sebenarnya anak-anak ini cukup kreatif, tapi sangat memerlukan stimulasi dari orang tua untuk memunculkan potensinya itu.

Si “A” yang Cerewet

Anak bergolongan darah A cenderung cerewet dan melebih-lebihkan segala hal, serta berpola pikir rumit. Berbeda dengan anak bergolongan darah B, si A agak kaku dan memperhatikan hal-hal kecil secara berlebihan. Apa yang menurut orang lain mungkin tak terlalu penting, buatnya amat penting. Kelebihan dari si A adalah ia amat penyayang, cinta damai, peka, dan kreatif. Anak bergolongan darah A juga mempedulikan dirinya hingga ke hal-hal kecil dan cenderung perfeksionis. Mereka juga cepat panik dan penuh kekhawatiran, sehingga kurang bisa rileks.

Si “AB” yang Peragu

Mereka cenderung lebih tenang, terkontrol, serta rasional. Namun sisi negatifnya, mereka cenderung sulit mengambil keputusan. Walau, kelihatannya tak emosional, hatinya dipenuhi keragu-raguan. Kalaupun ia mengambil keputusan sendiri, ada kecondongan untuk manyesali keputusannya itu.

Ia juga tipikal memendam perasaan, terlihat gelisah, cenderung pasif karena takut kalau tindakan yang diambilnya keliru. Anak-anak bergolongan darah AB adalah anak yang mudah terpengaruh lingkungan. Karena itu, ia perlu dijauhkan dari pengaruh-pengaruh buruk lingkungannya.




Sumber : Majalah Tumbuh Kembang Januari 2008

0 komentar: