BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 21 Desember 2010

Tangisan Si Kecil Pun Punya Banyak Arti

Tahukah Anda, bayi menangis sebenarnya karena ia ingin berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya.

Sejalan dengan pertambahan usianya, bayi akan tetap menggunakan tangisan sebagai alat berkomunikasi. Bayi yang sehat dan normal biasanya menangis antara satu sampai tiga jam sehari. Dua pertiga aktivitas yang dilakukan oleh bayi adalah menangis dan menangis. Lewat cara inilah, si mungil ingin menyatakan perasaan dan emosinya. Jadi bukan karena ia cengeng atau hobinya menangis.

Ayo coba menjadi pembaca tangisan bayi yang andal !
1. Pelan kemudian kencang, dan pelan kembali
Tangisan seperti ini manandakan bayi lelah, bosan, atau ingin tidur. Jika tangisannya terus berlanjut hingga lebih dari beberapa menit, tepuk-tepuk saja punggungnya untuk membuatnya rileks.
2. Semakin keras dan Berirama
Tangisan ini dapat jadi penanda kalau ia merasa tidak nyaman, terutama karena lapar atau haus. Apalagi saat ibu menggendong dan menempelkan jari ke mulutnya, ada reaksi seperti mengisap. Segara berikan ASI sampai ia merasa kenyang. Tangis seperti ini juga berarti, ia ingin memberitahukan bahwa popoknya harus segera diganti.
3. Panjang dan Melengking
Tangisan seperti ini menandakan si kecil mungkin kesakitan atau takut. Untuk menenangkannya, periksalah kalau-kalau ada bagian tubuh yang sakit atau kolik. Atau, mengkin saja si kakak diam-diam mencubit adiknya karena gemas.
4. Rintihan Pelan
Tangisan seperti ini bisa menandakan si kecil sedang stress. Kadang berkaitan dengan adanya gangguan pada tubuhnya atau merasa kesepian.




Sumber : Majalah Tumbuh Kembang Januari 2008

0 komentar: