BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Sabtu, 15 Mei 2010

Ada TBC Payudara

TBC umumya memang menyerang jaringan paru. Tapi pada kenyataannya juga dapat menyerang organ tubuh lainnya yang disebut TBC ektra paru. TBC ektra paru, termasuk menyerang payudara. Istilahnya Mastitis TB atau TBC.
Penyebabnya tentu saja oleh infeksi kuman M tubercolosis. Perbedaannya hanya terletak pada organ mana yang diserang kuman tersebut. TBC payudara atau Mastitis TBC sebenarnya sangat jarang. Awalnya kuman M tubercolosis tersebut menyerang organ paru terlebih dahulu kemudian sekitar 14% bisa menjalar lewat aliram lymph ke organ lainnya seperti payudara. Mastitis payudara juga bisa diderita oleh pria. Mereka dapat terkena infeksi kuman karena melakukan tindik di daerah puting.
Kelainan di kelenjar dan saluran payudara bisa menyebar tak terkendali. Gejalanya berupa munculnya benjolan di payudara. Benjolan/ penebalan ini berwarna merah, juga terasa panas dan nyeri di sekitar daerah payudara. Benjolan seperti bisul ini bisa pecah dan sangat nyeri. Rasa nyeri inilah yang membedakan mastitis dengan kanker payudara. Pengidap kanker payudara pada awalnya tidak akan merasa nyeri sama sekali, melainkan hanya timbul benjolan saja.
Benjolan pada mastitis berupa penebalan yang berisi cairan. Pada beberapa kondisi cairan bisa keluar. Cairannya berwarna putih kekuningan seperti nanah. Berbeda dengan cairan kanker yang biasanya merah atau kuning kecoklatan seperti noda darah.
Cairan nanah ini terbentuk dari kumpulan bakteri, jaringan, dan leukosit baik yang mati ataupun yang hidup. Bisa menyebar ke bagian tubuh lain hingga menyebabkan demam tinggi dan mengigil, keringat banyak, turunnya daya tahan tubuh, bahkan hingga menurunnya kesadaran. Dengan demikian, harus ada penanganan dokter untuk menentukan langkah penyembuhan. Dengan pemberian antibiotic saja atau harus dilakukan tindakan operasi.


Sumber : majalah KARTINI edisi 2215

3 komentar:

Mishalloktavia mengatakan...

Selamat pagi kak.. Saya saat ini juga terkena tbc payudara..

Anonim mengatakan...

Pengobatannya bagaimana kak,krna saya juga mngalaminya. Namun kluarga tkut untuk d ambil jln operasi.

Mishalloktavia mengatakan...

Saya ttp operasi.krn benjolan udah jadi abses...kalo tidak segera operasi takutnya bahaya... Coba tanya solusinya ke dokter bedah.. Kalo mmg belum jadi abses insyaallah bisa mengecil sendiri berjalannya waktu sambil minum OAT tentunya... Kerutinan minum OAT juga mempengaruhi penyembuhan TB itu sendiri. Kalo gak rutin bakteri TB bisa jadi resisten obat.. Tentunya nanti pengobatan jadi lebih panjang lg dan dosis juga jadi lebih tinggi.. Semangatttt penjuang tb payudara... Insyaallah kita dikasih kesembuhan.. Perjuangan q masih berjalan 2 bulan.. Efek samping OAT udah berhasil q lewatin.. Yang penting jaga IMUN,, selalu berfikir positif,,,, jaga pola makan juga olahraga