BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Jumat, 21 Mei 2010

Joko Bodo: Tuyul Itu Makhluk Pintar Sabtu, 22 Mei 2010 | 08:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Fenomena penangkapan tuyul di sejumlah daerah seperti Menteng, Kelapa Gading, dan Bekasi mengundang komentar dari paranormal, Ki Joko Bodo. Ia beranggapan tuyul adalah makhluk yang pintar karena mampu mengenali barang.

"Tuyul itu pintar karena bisa mengenali barang yang diinginkan tuannya, asal ditunjukkan lebih dulu, setelah itu dia akan ingat dan bisa mengambil barang tersebut," ungkap Ki Joko Bodo, Jumat (21/5/2010), saat dihubungi Kompas.com.

Dia menjelaskan, tuyul merupakan makhluk gaib yang sering dimanfaatkan manusia untuk mencuri uang atau barang-barang berharga lainnya, dengan tujuan memperkaya diri.

Dalam menjalankan operasinya, tuyul biasa bekerja sendiri. Selain tuyul, ada juga makhluk gaib lain yang dijadikan alat bagi manusia untuk mencuri, yakni babi ngepet dan buto ijo.

Untuk mendapatkan tuyul, Ki Joko Bodo menceritakan, seseorang harus melalui suatu proses ritual tertentu yang tidak singkat. "Itu bisa beberapa kali prosesnya. Setelah itu, nanti baru ada satu sosok manusia yang datang ke rumah membawakan uang dan perhiasan, nah itu dia tuyulnya," ujar pria berambut gondrong ini.

Dia mengakui, tuyul tidak selalu berbentuk anak-anak, bisa juga manusia dewasa. Makhluk ini juga bisa memiliki keturunan dan mampu hidup hingga ratusan tahun.

Namun demikian, meski menjanjikan hal menggiurkan seperti kekayaan, kepemilikan tuyul bisa menyebabkan kehilangan orang tercinta. Kekayaan yang sifatnya sesaat hanya di dunia, bisa saja memberikan mudharat lebih kepada pemilik tuyul.

0 komentar: