BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 26 Mei 2010

Ganggang Singkirkan Vertigo

Oksigen Rendah

Menurut Dr. Yuda Turana SpS, migraine dan vertigo dua hal yang berbeda. Keluhan migraine itu nyeri berdenyut ; vertigo, pesing berputar-putar. Vertigo keadaan pusing disertai rasa berputar. Akibatnya, penderita mual dan muntah. Bila intensitas penyakit berat, penderita malah tak mampu berdiri atau terjatuh lantaran gangguan keseimbangan. Keseimbangan tubuh dikendalikan oleh otak kecil yang menerima informasi mengenai posisi tubuh dari organ keseimbangan di telinga.

Oleh karena itu jika telinga tengah atau penglihatan terganggu, juga memicu vertigo. Konsumsi kina untuk mengatasi malaria, streptomicyn ( antibiotic ), dan asamsalisilat ( antiradang ) dalam jangka pajang menimbulkan radang kronis telinga dalam yang pada akhirnya memicu vertigo. Penyebab lainnya adalah minimnya pasokan oksigen ke otak. Dampaknya tubuh berusaha keras memenuhi kebutuhan oksigen sehingga kepala berdenyut-denyut.

Menurut dr Zen Djaja, dokter di Malang, Jawa Timur, migraine dipicu oleh stress fisik maupun psikis.”semua itu larinya ke saraf pusat,” kata Zen. Nyeri kepala itu dirasakan di sisi kiri, kanan, bagian belakang, hingga ke pelipis, dan dekat bola mata. Mual sampai muntah, fotofobia alias silau, sensitive terhadap pendengaran, berkeringat dingin, dan diare acap menyertai migraine. Gejala itu persis nyeri kepala orang yang tengah frustasi, mengalami ketegangan mental, atau depresi.

Penyebab migraine belum diketahui dengan pasti. Kalangan mendis menduga migraine berhubungan dengan mekanisme pelebaran dan penyempitan pembuluh darah di kepala. Pelebaran dan peradangan menimbulkan nyeri lantaran ketika itu adanya pelepasan berbagai zat kimiawi. Anak-anak yang kerap memendam marah dan kesal berpotensi migraine ketika dewasa.

Ganggang

Bagaimana cryptomonadales Chlorella sorokiniana menyembuhkan vertigo dan migraine? Menurut dr Zen Djaja ganggang mengandung suatu zat yang berfaedah melancarkan pembuluh darah di kepala. Salah satu zat dalam ganggang yang melancarkan peredaran darah itu adalah klorofil. Selain melancarkan peredaran darah di kepala, pigmen ini juga membersihkan saluran pencernaan, serta membantu memproduksi sel darah merah. Dengan demikian tubuh tak perlu bersusah payah memenuhi kebutuhan oksigen serta nutrisi.

Selain iyu Peroxisome Proliferator Activated Receptors (PPARs) pada ganggang berfungsi merangsang sel-T untuk melawan benda-benda asing seperti pathogen penyebab infeksi telinga. Infeksi telinga salah satu pemicu vertigo. Kandungan gamma linoleat alias omega 6 juga ampuh merangsang system imunitas tubuh. Dampaknya tubuh mampu membentengi diri dari serangan berbagai penyakit. Termasuk vertigo dan migraine. (Niken Anggrek Wulan)

Sumber : majalah TRUBUS 465

0 komentar: