BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 18 Mei 2010

JANGAN SAMPAI ANAK TERLENA

Menurut Psikolog Anak Tika Bisono

Semakin banyak anak di bawah umur yang sukses menjadi artis. Sesungguhnya hal itu merupakan sesuatu yang positif. Anak-anak jadi memiliki kesempatan untuk mengembangkan dirinya, mengasah bakat dan minatnya. Dalam hal ini peran orang tua sangat penting untuk membimbing dan mengawasi aktivitas anak-anak mereka. Tapi harus tetap diingat prioritas yang harus dicapai anak-anak yaitu sekolah. Jangan sampai hal ini dikesampingkan dan berakibat buruk di masa yang akan datang.
Anak-anak yang menjadi artis selalu merasa senang dalam menjalankan kegiatannya. Namun mereka masih kecil untuk memikirkan masa depan mereka nanti. Pendidikan adalah yang utama, itulah mengapa ada program wajib belaja, karena memang merupakan hak sekaligus kewajiban anak untuk mendapatkan pendidikan. Anak-anak mungkin saja terlena dengan kegiatannya di dunia hiburan yang mereka geluti. Dalam beberapa kasus, ada artis yang putus sekolah.
Menyiasati urusan pendidikan anak dengan home schooling juga kurang tepat, karena anak jadi kurang bergaul. Perkembangan otak itu tidak mengalami pengulangan, jadi jika anak melewatkan suatu masa penting dalam jenjang pendidikannya, maka ia akan kehilangan perkembangan otak pada masa itu dan tak dapat terulang lagi. Orang tua harus selalu mengingatkan anak dan juga menyadari betapa pendidikan itu penting baginya. Jadi, harus ada keseimbangan antara karier dan pendidikan. Jika tidak bisa dan ada yang harus dikorbankan, maka pendidikanlah yang harus diselamatkan.

Sumber : majalah wanita KARTINI 2217

0 komentar: