BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 26 Mei 2010

BERAS PARA BANGSAWAN

Beras hitam itu berbeda dengan ketan hitam yang kerap dimanfaatkan sebagai bubur campuran kacang hijau. Sosok nasi asal beras hitam yang dikonsumsi ini benar-benar mirip nasi putih, tak lengket lazimnya ketan. Bedanya nasi ini berwarna hitam. Kadar karbohidratnya juga lebih rendah, Cuma 34 gr per sepermpat cangkir. Bandingkan dengan nasi putih yang berkadar karbohirat hingga 38 gr. Karbohidrat turut andil terhadap meningkatnya kadar gula darah.

Kandungan gizi lain dalam beras hitam adalah 160 kalori, 2 gr serat, dan 4% zat besi. Sedangkan nasi putih mengandung 175 kalori, 0.6 gr serat, dan 0.8% zat besi. Mengapa beras berwarna hitam? Itu lantaran aleuron atau lapisan luar dan endospermia alias tempat penyimpanan pati dalam beras memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi. Dampaknya beras berwarna ungu pekat mendekati hitam.

Antosianin merupakan pigmen alias pewarna alami. Beras putih yang biasa kita konsumsi sedikit memproduksi antosianin. Dari 1.800 varietas padi di Indonesia, terdapat beberapa varietas beras hitam. Jumlah pastinya belum diketahui. Dr Ir Agus Setyono, Ms periset di Balai Penelitian Tanaman Padi, Subang, Jawa Barat, menuturkan penelitian beras hitam masih terbatas.

Sumber : majalah TRUBUS 465

0 komentar: