BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 18 Mei 2010

Berbagai cara penanganan jantung koroner

1. Pemberian obat
Jantung koroner bisa diatasi dengan pemberian obat. Cara ini dilakukan jika sumbatan masih ringan. Obat difungsikan mengencerkan darah sehingga aliran darah lancar.
2. Operasi Bypass
Bila sumbatan cukup besar dam tidak ada kemungkinan diatasi dengan obat, maka penanganan bisa dilakukan dengan operasi bypass yakni operasi jantung terbuka untuk memasang pembuluh darah baru menggantikan pembuluh darah yang tersumbat. Dengan pembuluh darah yang baru itu diambil dari pembuluh darah bagian tubuh lain, misalnya dari kaki.
3. Balonisasi
Di samping bypass, bisa juga dengan balonisasi. Balonisasi bertujuan melebarkan pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Dengan kateter khusus balon dimasukkan dan dikembangkan tepat di tempat penyempitan pembuluh darah jantung. Dengan demikian penyempitan tersebut menjadi terbuka. Sayangnya, dengan cara ini tingkat kekambuhannya tinggi, sekitar 30%-40%.
4. Cincin penyangga
Kini ada 2 cara baru untuk mengatasi jantung koroner, yakni dengan cincin penyangga (stent). Pada daerah yang tersumbat tersebut dipasangi cincin sehingga pembuluh selalu terbuka. Cincin itu berbalut obat yang berguna mencegah terjadinya kerak kembali. Cara ini sangat efektif dan tingkat kekambuhannya sangat kecil. Karena itu cara ini banyak dipilih pasien sebab tidak dilakukan dengan operasi terbuka.


Sumber : majalah wanita KARTINI 2217

0 komentar: