BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Sabtu, 15 Mei 2010

A to Z Rahasia Wajah Cantik Sempurna

Sebagian dari Anda mungkin merasa kesal, karena sudah berlama-lama dan dandan namun belum sampai tengah hari, riasan sudah luntur dam berkesan berantakan. Untuk mendapatkan riasan yang cantik dan awet, Anda perlu mengetahui trik dan dasar penggunaan produk make up. Berikut tip yang bisa Anda ikuti :

Persiapan
Perlu bagi Anda untuk mengenal terlebih dahulu jenis wajah yang dimiliki. Jika kulit Anda termasuk kering, gunakan pelembab ringan dan sebaliknya jika kulit Anda berminyak, gunakan lotion penyerap munyak (mattifyer), agar riasan dapat bertahan lama. Sebab tanpa pelembab, rias wajah akan menggumpal pada kulit yang kering. Dan begitu sebaliknya, jika kulit terlalu berminyak, rias wajah tidak mampu menempel di permukaan kulit dan terjadi pelunturan dengan cepat.

Alas bedak (foundation)
Pengguanaan alas bedak, merupakan dasar yang membantu agar pigmen riasan bisa menempel dengan sempurna. Untuk itu, agar foundation dapat melekat dengan sempurna dan tahan lama, segera setelah mengaplikasikan alas bedak pada kulit, tempelkan tisu maupun jenis penyerap minyak lainnya seperti oil blotter pada wajah. Tujuannya untuk menyerap minyak sehingga foundation tidak mudah larut dan menyatu ke dalam minyak wajah. Kemudian sapukan bedak untuk membantu mengurangi kadar minyak yang ada pada kulit.

Memilih bedak yang tepat
Bedak merupakan kunci riasan dasar setiap wanita. Kesempurnaan tata rias wajah selain terletak pada pemilihan bedak dalam jenis dan warna yang tepat sesuai jenis kulit yang dimiliki. Untuk itu, kenali jenis bedak sesuai kebutuhan.

a. Loose powder
Bedak ini dikenal sebagai bedak tabor, dalam tekstur menyerupai bubuk halus dan varian warna yang berbeda. Bedak ini biasanya digunakan setelah mengaplikasikan alas bedak pada permukaan kulit wajah. Kelebihan bedak ini, lebih mudah menyerap minyak dan menutupi lebih sempurna. Namun, karena bentuknya yang bubuk, bedak ini cenderung mudah tumpah dan kurang praktis.

b. Compact powder
Bentuknya sangat padat dan digunakan setelah pemakaian alas bedak. Selain bentuknya yang mudah dibawa ke mana-mana, bedak ini juga cepat menyerap dan dapat menguragi kadar minyak berlebih di wajah. Namun bila dipoleskan berulang-ulang, wajah akan terlihat seperti menggunakan topenng. Jadi, poleskan secara tipis nemun merata pada permukaan wajah.

c. Meteorite powder
Bentuknya bulat kecil berwarna-warni. Bedak ini biasanya digunakan sebagai sentuhan terakhir dengan menggunakan kuas besar, untuk memberikan efek yang lebih segar dan bercahaya pada wajah.

d. Two way cake powder
Bentuknya hamper sama dengan compact powder, namun memiliki fungsi yang ganda yaitu sebagai bedak sekaligud foundation. Bedak ini digunakan setelah memakai pelembab dengan menggunakan spons kering bila ingin digunakan sebagai bedak, dan menggunakan spons basah bila ingin digunakan sebagai foundation.

e. Shimmering powder
Bentuknya seperti bubuk berwarna dan berglitter. Bedak ini biasanya digunakan sebagai sentuhan terakhir sesuai berhias. Efeknya dapat menjadikan kulit wajah nampak lebih berkilau dan bercahaya.

Blush on
Menyapukan blush on pada wajah sepertinya mudah. Bahkan dalam sekali pulasan saja mampu membuat pipi merona segar. Namun sayangnya, warna segar dan blush on tersebut mudah sekali luntur dan menghilang. Agar tetap bertahan lama, campurkan 2 jenis blush on yaitu yang bebentuk krim serta bubuk. Ulaskan blush on krim terlebih dahulu, lalu lapisi kembali dengan blush on bubuk.
Eyeshadow
Tak jarang pemulas mata luntur dan tidak tahan lama. Agar awet dan warnanya tetap terjaga, bubuhkan terlebih dahulu foundation pada kelopak mata dan bedak tabor sesudahnya. Pilih foundation tanpa minyak (oil free), serta eyeshadow dalam bentuk matte yang kering.
Bulu mata dan Maskara
Memiliki bulu mata yang lebat dan lentik adalah impian setiap wanita. Namun bagi Anda yang kurang beruntung, kini impian akan bulu mata yang lentik dapat diperoleh dengan menambahkan bulu mata palsu. Agar terlihat lebih menyatu gengan bulu mata asli, rekatkan dengan bantuan penjepit bulu mata dan mascara. Jika Anda takut mascara mudah luntur, pilihlah jenis yang anti air (water proof) atau jenis mascara tahan lama (long lasting mascara).
Eyeliner
Rias garis mata mampu membuat mata nampak lebih hidup dan tegas. Agar tidak mudah luntur, sesudah menggunakan airliner pada garis mata, celupkan kuas kecil pada bedak wajah (sebaiknya pilih yang tanpa warna/translucent), dan dengan perlahan-lahan ulaskan di sepanjang garis eyeliner tersebut. Cara liannya, Anda dapat menggunakan eyeliner dalam formula tahan air (water proof).


Lipstick
Setiap wanita tentu ingin memiliki bentuk bibir yang menawan dan sensual. Berikut adalah trik untuk menciptakan kesan bibir yang cantik sempurna :
1. Gunakan pensil bibir di sekeliling bibir. Ikuti garis bibir dan hindari menggambar di luar garis bibir yang asli. Garis bibir ini berguna untuk mempertegas bentuk bibir serta untuk mencegah agar warna lipstick yang digunakan tidak keluar dari garis bibir. Jika Anda melakukan kesalahan ketika mengaplikasikan lipliner, gunakan cutton bud untuk menghilangkannya. Lalu bubuhi kembali garis bibir dengan menggunakan concealer.
2. Agar lipstick bertahan lebih lama dan tidak mudah luntur, bubuhkan foundation pada bibir terlebih dahulu, lalu pulaskan sedikit bedak tabor (loose powder) pada bibir dengan menggunakan kuas lembut. Lalu lanjutkan dengan pemulasan lipstick.
3. Pilihlah lipstick dengan formula long lasting atau long wearing, yaitu lipstick yang diformulasikan tidak mudah luntur.
4. Untuk kesan bibir yang lebih sensual dan segar, lapisi kembali permukaan bibir dengan lipgloss.

Sumber : majalah KARTINI edisi 2215

0 komentar: