BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 23 Mei 2010

USIA MUDA PUN TAK LUPUT DARI GAGAL GINJAL

Penyakit gagal ginjal merupakan momok yang menakutkan. Di samping memerlukan biaya perawatan yang besar, penyakit ini tidak bisa disembuhkan. Sedihnya, kini banyak penderitanya dan berusia muda pula. Berikut hal yang perlu dilakukan agar penderita gagal ginjal tetap bugar dan bersemangat.
Ginjal berperan dalam proses pembuangan racun tubuh melaluiair seni. Itulah sebabnya bila terjadi kegagalan ginjal, maka racun dalam tubuh tidak bisa keluar bersama air seni. Akibatnya, racun tertimbun di dalam darah.
Gagal ginjal tak mengenal batasan usia dan bisa menyerang siapa saja, dari anak hingga usia tua. Gagal ginjal ada dua jenis, akut dan kronis. Disebut gagal ginjal akut bila proses terjadinya secara mendadak. Sedangkan kronis secara bertahap selama bertahun-tahun. Namun yang paling sering terjadi ialah gagal ginjal kronis.
Adapun tahapan penurunan fungsi ginjal yaitu kerusakan ginjal minimal, ringan, berat, dan gagal ginjal. Pada gagal ginjal, fungsi ginjal di bawah 15%.
Di Amerika Serikat, Negara yang sangat maju dan tingkat gizinya tinggi, setiap tahun ada sekitar 20 juta orang dewasa menderita gagal ginjal. Di Indonesia belum ada data yang pasti tentang jumlah penderita penyakit itu. Hanya diperkirakan jumlahnya cukup besar. Dan akhir-akhir ini pasien yang mengeluh karena sakit ginjal atau gagal ginjal terasa meningkat.


Sumber : Majalah Wanita KARTINI 2215

0 komentar: