BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 18 Mei 2010

Gaya Hidup Tidak Sehat

Menurut dr. Inez Ariadne, SpJP, terdapat beberapa resiko yang bisa memicu munculnya penyakit jantung koroner, seperti kadar kolesterol yang tinggi. Juga hipertensi. Mengapa demikian? Pembuluh darah arteri menjadi rusak bila darah dipompa dengan tekanan tinggi dalam jangka waktu bertahun-tahun. Di jantung, pembuluh darah arteri yang rusak tadi akan menyempit dan memudahkan terjadi pembekuan yang akan menyumbatnya, dan akan menyebabkan serangan jantung.
Factor pemicu yang lain ialah penyakit kencing manis, kegemukan, dan menopause.
Jantung koroner yang terjadi pada wanita usia muda dipicu oleh gaya hidup tidak sehat, seprti merokok. Sekarang ini banyak wanita merokok. Rokok mengandung racun. Racun ini akan mengendap ke pembuluh darah. Dalam waktu lama endapan itu makin banyak dan akan menyumbat.
Gaya hidup tidak sehat itu juga termasuk mengkonsumsi makanan yang tidak menyehatkan, seperti fast food dan junk food. Makanan jenis itu memang lezat, tetapi kandungan kolesterolnya sangat tinggi.
Stress pekerjaan yang berlebihan dan bertubi-tubi setiap hari juga merupakan salah satu factor pencetus jantong koroner pada wanita usia muda. Hal itu bisa terjadi karena stress akan mempercepat ritme jantung. Di samping itu umumnya orang yang sering stress akan menghadapi masalah yang dihadapinya dengan cara-cara yang tak sehat, seperti merokok atau mengkonsumsi makanan sarat lemak.
Bila menyandang salah satu atau beberapa factor resiko tersebut, dianjurkan secara berkala memeriksa kesehatan jantung ke dokter jantung. Ada dua atau lebih factor resiko, akam memiliki potensi besar terkena jantung koroner.

Sumber : majalah wanita KARTINI 2217

0 komentar: